Rabu, 16 Maret 2016

PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN

Pendidikan tidak hanya di lingakaran kelas belajar antar siswa ataupun dengan guru, proses khidupan juga bagian dri proses pendidikan. Tapi kita tidak membahas lebih luas.
Kita ingat konsep trias pendidikan konsep yg tak lepas dri berjalannya proses pendidikan.
Istilah trias pendidikan merupakan penguatan pentingnya peran tiga institusi atas keberhasilan pendidikan.
Ketiga peran institusi tersebut adlah keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga unsur tersebut merupakan tempat terjadinya pendidikan baik formal maupun nonformal.
Salah satu peran penting ketiga hal tersebut adalah keluarga, dimana keluarga adlah lingkungan pertama anak berproses hingga dewasi. Segala bentuk pengetahuan tindakan, ataupun ekspresi sikap yang digambarkan anggota keluarga akan di duplikasi bagi seorang anak. Entah itu bersifat positif atau negatif. Semua proses duplikasi di lingkungan keluarga akan membentuk anggota keluarga.
Anak merupakan kertas putih yang harus di isi dan diukir dengan nilai-nilai akhlak mulia, sebagaimana dijelaskan bahwa anak itu terlihat bagaimana orang tua membentuk pengalaman anak di rumah yang nanti akan menjadi sikap baginya.
Di sinilah peran orang tua ditekankan sangat penting bagi pembentukan sikap anak. Bahkan islampun mengajarkan tidak hanya didikan. Mulai dari rezeki yang diberikan keanak pun halalan thayyibah. Halal dan baik bagi anak.
Dalam surat lukman allah menekankan pentingnya orang tua terhadap anak mengarakan kepada ketauhidan dan prilaku positif.
Bersambung.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekilas Khutbah Jumat

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Pada hari Jumat, para umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah salat Jumat yang mana saat ...