Jumat, 18 Maret 2016

Peran orang tua dalam pendidikan(part 2)

Orang tua sekarang dituntut untuk lebih besar lgi perannya, dengan perkembangan era digital dan mudahnya akses informasi bagi anak semakin membuat posisi peran orang tua menjadi sangat krusial.
Pada part 1 orang tua dijelaskan bahwa mereka salah satu tempat terjadinya proses pendidikan bagi anak. Dalam topik yang sama, kali ini kita lebih menekankan lagi pentingnya tanggung jawab orang tua.
Pendidikan merupakan usaha sadar orang dewasa untuk membentuk penerusnya dalam melanjutkan nilai, budaya, tradisi yang baik bahkan mempersiapkan generasi penerus yang lebih unggul bagi mereka. Pun juga terhadap orang tua, keinginan para anaknya menjadi orang yang beguna bagi keluarga, masyarakat, agama dan bangsa. Tentunya orang tua akan berusaha keras bagaimana membentuk anaknya menjadi pewaris nilai-nilai akhlak, tradisi-tradisi keluarga yang baik, ataupun cita-cita orang tua agar anaknya lebih baik dari mereka.
Sebagaimana kita ketahui, tantangan pasti datang ditengah upaya orang tua dalam mendidik anaknya, misalnya saja pranata sosial di lingkungan masyarakat yang memiliki keragaman pprilaku, perkembangan komunikasi secara digital secara cepat dan mudah diakses. Semuanya harus difilter orang tua, mana nilai positi dan mana nilai yang dianggap negatif da berdampak kurang baik bagi perkembangan prilaku anak. Bersambung.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekilas Khutbah Jumat

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Pada hari Jumat, para umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah salat Jumat yang mana saat ...